Makanan Khas Bangka

1. Kemplang/Getas

Kemplang atau kerupuk merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Bangka. Jenis makanan ini banyak dijumpai di toko-toko tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka. Industri usaha pembuatan kemplang tergolong dalam industri rumah tangga dimana sebagian besar diusahakan oleh kaum ibu-ibu rumah tangga. Daerah sentra pembuatan kemplang di Kabupaten Bangka adalah Kecamatan Belinyu, Sungailiat dan Merawang. Yang paling dikenal di Kabupaten Bangka adalah kemplang Belinyu yang memiliki ciri khas dan rasa yang enak.

Kemplang termasuk kedalam makan selingan atau dapat juga sebagai lauk pauk. Bahan dasar yang digunakan adalah ikan dan tepung tapioka. Dapat pula ikan diganti dengan udang atau cumi-cumi.

2.Rusip

Rusip merupakan makanan tradisional masyarakat Bangka. Makanan ini dibuat dari ikan teri yang difermentasikan. Rusip digunakan sebagai pengganti sambal untuk lalapan. Rusip diproduksi secara merata di setiap daerah di Kabupaten Bnagka. Namun skala pengusahaannya masih kecil (skala rumah tangga). Jenis makanan ini banyak dijumpai di toko-toko penjual makanan khas yang ada di Kabupaten Bangka, ada pula yang dijajakan langsung dari rumah ke rumah.

3.Terasi

Terasi merupakan bahan penyedap masakan agar lebih enak dan sedap. Terasi dikenal dalam bentuk padat dan bubuk. Terasi bubuk mulai dikenal sejak tahun 2000. Terasi ini diproduksi oleh home industri, namun produk diversifikasi terasi ini masih jarang ditemukan dipasar karena masyarakat luas lebih mengenal terasi dalam bentuk padat. Kelebihan terasi bubuk ini lebih praktis dalam penggunaan dan lebih tahan lama. Daerah pembuatan terasi di Kabupaten Bangka adalah Kecamatan Sungailiat dan Belinyu.

4.Pantiaw

Pantiaw merupakan salah satu makanan selingan khas Bangka. Makanan ini mirip dengan laksa tetapi berbeda bentuknya. Pantiaw diproduksi di hampir setiap daerah di Kabupaten Bangka dalam skala rumah tangga. Pemasarannya pun masih sangat sederhana. Biasanya pantiaw dijajakan dari rumah ke rumah atau di toko-toko/warung penjual makanan. Bahan utama pembuatan pantiaw adalah sagu dan tepung beras.

5.Kue Bangka Belitung LEMPOK

Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) beraneka ragam. BUKJAM mencatat paling sedikit ada 20 jenis. Masing-masing Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) memiliki cita rasa tersendiri. Lempok adalah salah satunya. Lempok merupakan makanan asli Melayu, dalam hal ini khususnya Melayu bangka. Awalnya Melayu Bangka memakai teknik pengawetan atas banyaknya hasil cempedak saat panen. Karena apabila cempedak yang banyak jika tidak diawetkan akan membusuk dan terbuang percuma. Melalui proses pengawetan tersebut lahirlah Lempok Cempedak yang populer di Bangka Belitung (Babel) hingga kini.

Lempok Cempedak ini adalah Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) yang tergantung musim. Musim cempedak umumnya mulai dari kwartal 4. Lempuk Cempedak yang memiliki kualitas tertinggi, rasanya manis menyengat, harum cempedak, kulit luar lempok lunak kering agak keputih-putihan, bagian dalamnya lembut berwarna kuning.  Enak dan gurih.Lempok sangatlah sesuai menjadi teman anda minum kopi atau teh. Menurut Pantauan BUKJAM, produk-produk Lempok Cempedak diproduksi oleh industri rumahan, kemudian dipasarkan ke toko-toko oleh-oleh, pasar tradisional atau dititipkan ke restoran atau tempat strategis lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: