Air Sumber Kehidupan

Air adalah material yang paling berlimpah di bumi ini, menutupi sekitar 71 persen dari muka bumi ini. Kehidupan hampir seluruhnya air, 50 sampai 97 persen dari seluruh berat tanaman dan hewan hidup dan sekitar 70 persen dari berat tubuh kita.

Kita bisa hidup sebulan tanpa makanan, tapi hanya bisa bertahan beberapa hari saja tanpa air. Air. seperti halnya energi, adalah hal yang esensial bagi pertanian, industri, dan hampir semua kehidupan.

Dengan bertambahnya kebutuhan air untuk kegiatan manusia dan juga peningkatan jumlah penduduk 212.000 orang per hari (1985), kelangkaan air merupakan hal yang ada dihadapan kita.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau tanggal 22 Maret adalah Hari Air Dunia (HDU). Tepatnya pada tanggal 22 Maret 1992 di Rio Jeneiro telah ditetapkan dalam sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ke 47 sebagai Hari Air Dunia. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya air bagi keberlanjutan hidup umat manusia.
Peringatan HDU kali ini mengangkat tema sanitasi sejalan dengan ditetapkannya tahun ini sebagai tahun sanitasi internasional. Tujuan utama peringatan HDU tahun ini adalah untuk memusatkan perhatian masyarakat terhadap pentingnya isu mengenai air. Melalui tema ini kita diingatkan akan bahaya pencemaran air sebagai sumber kehidupan manusia.
Disadari atau tidak dunia saat ini diancam oleh krisis air bersih bukan semata karena pertumbuhan populasi yang terus meningkat dan terganggunya keseimbangan ekosistem tapi juga karena penggunaan dan pemanfaatan air yang berlebihan dan tidak benar. Sudah saatnya kita memperlakukan air sebagai bahan yang bernilai, dimanfaatkan secara bijak, dan dijaga dari pencemaran.
Menurut laporan Word Commision on Water, pada tahun 1999 sekitar 1,2 Milyar penduduk bumi mengalami kesulitan akses air bersih, jumlah ini akan meningkat menjadi 2,7 Milyar atau sepertiga jumlah penduduk seluruh dunia pada tahun 2025 jika tidak dilakukan suatu tindakan nyata dalam mengatasi masalah kelangkaan air. Masyarakat di negara-negara berkembang mengalami penurunan kualitas kesehatan akibat kesulitan air bersih atau sumber air yang tercemar.
Air merupakan sumber utama kehidupan. Kita tak dapat bertahan hidup tanpa air. Sudah saatnya kita mulai menghargai air dengan melakukan pemafaatan sumber daya ini dengan benar. Banyak hal yang bisa lakukan untuk menghargai air. Mulai saja dari yang sederhana seperti memperbaiki prilaku dalam memakai air. Contoh sederhana adalah mematikan kran air saat menggosok gigi, manfaatkan air bekas mencuci beras, sayur dan buah untuk menyiram tanaman, gunakan ember saat mencuci mobil, jangan slang karena akan sangat boros sekali atau juga memperbaiki kran yang bocor karena walaupun setetes demi setes kalau dibiarkan bisa membuang air sampai dengan 13 liter perhari.
Air sumber kehidupan tanpa air kehidupan akan mustahil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: