Air terjun Sadap

Letaknya tersembunyi di sela perbukitan Pading, desa Perlang kecamatan Koba, Bangka Tengah. Jauhnya sekitar 7 km dari ibu kota Kabupaten. Untuk mencapainya harus melalui jalan bermedan off road, maklum ia masih termasuk kategori rimba. Sebelumnya jalan berliku berjarak 1500 meter melalui kebun dan pondok petani mesti dilalui. Ketika sampai, air terjun yang disebut Sadap ini memang eksotik dan mengundang decak kagum.

Dengan lebar sekitar tiga meter dan panjang enam meter, Sadap tampak perkasa. Air mengalir bebas membentuk garis melengkung kadang lurus, putihnya kontras dengan media batu granit yang berlumut bewarna coklat kehitam-hitaman itu. Ini luar biasa. Dibandingkan dengan air terjun Maras, Sadap lebih besar dan sadaaapp dach.

https://i2.wp.com/3.bp.blogspot.com/_U6bfbL2ZlqI/TBmF_vHJBqI/AAAAAAAAADA/rUys41OrQdg/s1600/babel-p00013x.jpg

Kawasan Wisata dan Pembangkit Listrik

Pada hari-hari libur, Sadap ramai dikunjungi pelancong lokal. Meski sarana jalan belum begitu mendukung, namun tetap saja menarik minat masyarakat sekitar. Cerita dari mulut ke mulut kadang efektif menarik minat orang. Rasa penasaran itu akhirnya membuat masyarakat ingin berkunjung.

Tujuan utama selain menikmati sorga alam ini, juga menghabiskan masa dengan mandi di kolam tempat jatuhan air terjun itu. Berdiameter enam meter, kolam ini cukup luas, kedalamannnya pun sebahu orang dewasa. Selanjutnya, air tumpahan ini mengalir melewati gugusan bebatuan, dari sela-selanya, air bergerilya turun.

Selain itu, air terjun ini juga dimanfaatkan Pemerintah Daerah sebagai pembangkit generator listrik. Pantas, diawal tampak heran juga, ketika melewati pondok dan kebun sahang tampak memanjang kabel listrik. Rupanya ada pembangkit listrik disini. Ada dua rumah generator yang dibangun. Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) ini mampu mensuplai listrik ke 153 kepala keluarga (KK). Teknologi ini diarsiteki insinyur dari Bandung. Ketika masyarakat di sejumlah daerah mengeluhkan pemadaman bergilir, di dusun Sadap yang terpencil masyarakatnya terang benderang.

Pading menyimpan ragam pesona, khususnya Sadap. Sayang belum digarap maksimal menjadi wisata yang menawan. Keseriusan dan keaktifan pihak terkait memang sangat diperlukan. Bukit itu hijau dan menjadi magnet bagi banyak orang. Namun demikian, masyarakat Sadap sebenarnya telah menikmati pesona itu, Sadap membuat rumah-rumah berdinding kayu dan beratap seng itu terang benderang, sebuah dusun di pelosok, masih di Serumpun Sebalai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: