Lapangan Merdeka Pangkalpinang

Taman Merdeka  dengan fountaine berbentuk Tudung Saji.

Taman ini dulunya merupakan sebuah lapangan sepakbola, namanya lapangan merdeka. Sebelum dibangun Stadion Depati Amir, lapangan ini memang menjadi tempat resmi pertandingan sepakbola di Kota Pangkalpinang. Selain itu, di sini juga tempat dilangsungkannya upacara-upacara resmi, seperti upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, dan hari-hari penting lainnya.

Taman ini letaknya di tengah Kota Pangkalpinang, Posisinya sendiri cukup strategis dengan diapit oleh 4 (empat) jalan, yaitu Jalan Sudirman, Jalan Merdeka, Jalan Rustam Effendi, dan Jalan Diponegoro.

Di sekitar taman ini pun terdapat bangunan-bangunan publik, seperti rumah kediaman resmi Walikota Pangkalpinang, Markas Polres Kota Pangkalpinang, Gereja GBIP Maranatha, Bank BRI, Telkom, Hotel Sabrina, Gedung Panti Wangka, Rektorat Universitas Bangka Belitung, SMK Negeri 1 Pangkalpinang, Rumah makan Pitipi Pitopo, Hotel Wisma 88, Hotel Jati Wisata, Kantor PDAM Kota Pangkalpinang, Panggung Terbuka Kota Pangkalpinang, lapangan gasing, lapangan tenis, dan sebuah taman sari yang dipenuhi dengan pepohonan bernama Taman Sari Pangkalpinang. Tidak jauh dari taman ini, terdapat deretan pedagang makanan, mulai dari makanan jajanan pasar seperti pempek, sampai ke makanan berat seperti nasi goreng.

Pada pagi hari, terutama hari Minggu, taman ini dijadikan tempat olahraga lari pagi, jalan santai, maupun senam, baik yang dikoordinir maupun individual, apalagi kalau malam minggu atau malam libur, taman ini tempat ngumpul dan bermain, baik kelompok remaja maupun keluarga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: